Selasa, 02 November 2010

Tugas Sistem Informasi Akuntansi #3

TUGAS I…

Beberapa orang berpendapat bahwa akuntan seharusnya memusatkan perhatian hanya pada laporan keuangan dan memberikan urusan desain serta persiapan laporan manajerial pada spesialis system informasi. Apa sajakah kelebihan dan kelemahan pendapat ini?? Sejauh manakah akuntan seharusnya terlibat dalam pembuatan laporan yang melibatkan berbagai hal di luar ukuran keuangan, yang dipergunakan untuk mengukur kinerja?? Mengapa demikian ??

Jawab

Jika seseorang memusatkan perhatian hanya pada laporan keuangan dan memberikan urusan desain serta persiapan laporan manajerial pada spesialis system informasi

Kelebihannya, keseluruhan aktifitas dan mengelola keuangan menjadi efektif. Dan dapat mengoptimalkan keadaan, tidak membuang-buang waktu.

Kelemahannya, harus berkonsentrasi pada permasalahan sehari-hari dalam mendesain serta persiapan laporan, dan biasa hanya memiliki sedikit waktu untuk memikirkan tujuan dan rencana jangka panjang.

Semampu mungkin, dia musti bisa melibatkan berbagai hal diluar ukuran keuangan. Dan tidak boleh memudahkan/menyepelekan tugas dia.


TUGAS II …

Pembagian tugas secara efektif kadang-kadang tidak layak secara ekonomis pada bisnis kecil. Elemen-elemen pengendalian internal apa yang menurut anda dapat mengimbangi ancaman tersebut ?? ..

Jawab

Pengendalian internal yang dapat mengimbangi ancaman ini adalah

  • Kenyimpan data dari segala transaksi dan aktifitas perusahaan
  • Mengendalikan kontrol data yang cukup sehingga asset terjaga dengan baik.
  • Memotivasi tinggi
  • Fleksibel tinggi


TUGAS III

Secara teoritis, suatu prosedur pengendalian perlu digunakan jika keuntungannya melebihi biayanya. Jelaskan cara memperkirakan keuntungan dan biaya dari pengendalian berikut ini :

  1. Pemisahan tugas
  2. Prosedur perlindungan data

Jawab

a. Pemisahan tugas yang baik ketika fungsi-fungsi berikut harus dipisahkan:
  • Otoritasi (menyetujui tranksaksi dan keputusan.)
  • Pencatatan (dokumen sumber, cacatan jurnal, buku besar.)
Pemisahan tugas sangant penting untuk pengendalian internal yang efektif karena mengurangi resiko kesalahan dan keteledoran yang tidak pantas.

b. Prosedur perlindungan data yang efektif salah satunya adalah dengan pencacatan.
kita harus menjaga dan mempersiapkan dokumen sumber, memelihara cacatan jurnal, buku besar dan file lainnya. Memisahkan tugas secara efektif dan harus dapat mengendalikan lingkungan.
dengan persetujuan, rekonsiliasi, dan aset tahanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar